-->
Pondok pesantren Al Qur’an Harsallakum berada di bawah Yayasan Riyadhus Shalihin dengan akta notaris no. 27. Yayasan yang para pengurusnya terdiri dari keluarga H. Harius Rusli, Lc dan Salimah Hayati, BA mulai meletakan batu pondasi pertama Pondok pada tanggal 17 Agustus 2000. Al Qur’an Harsallakum berarti:

al Qur’an = wahyu Allah
Harsan =Pengayom/peduli
lakum = untuk kamu/semua

Harsallakum juga merupakan kependekan dari:
Har = Harius Rusli
sal = Salimah Hayati
l = lingkup/lingkungan
A = anak
K = keluarga
U = untuk
M = masyarakat
Pondok ini mulai menerima santri/wati untuk jenjang pendidikan MTs pada tahun 2002.

Madrasah Tsanawiyah (MTsS) Pondok Pesantren Al Qur’an Harsallakum, yang bernaung di bawah Yayasan Riyadhussholihin Bengkulu, yang beroperasi sejak tahun 2002, telah ikut mengambil peran untuk memberikan pendidikan dan pengajaran bagi siswa usia Wajar Dikdas dengan satuan pendidikan setingkat SMP. Kurikulum pendidikan yang dilaksanakan selain kurikulum Diknas dan kurikulum Depag, ditambah lagi dengan kurikulum Pondok yang memberikan pengajaran keagamaan Islam dan pembiasaan akhlak yang baik, serta pembinaan keterampilan dan keahlian praktis.

Sebagai Madrasah yang relatif baru, MTs Harsallakum telah ikut mensukseskan program pemerintah dan masyarakat. Salah satu bukti nyata ikut mensukseskan program pemerintah dalam hal Wajar Dikdas adalah dengan meluluskan 93,33 % siswa pada tahun 2005. Kelulusan siswa angkatan pertama ini merupakan pringkat ke 9 dari satuan pendidikan SMP dan MTs se kota Bengkulu, dan peringkat ke 8 untuk satuan pendidikan MTs se- Provinsi Bengkulu.